Apps4God

Submitted by admin on Thu, 07/01/2021 - 10:45

Apakah Anda sedang mencari ayat-ayat Alkitab tentang teknologi? Kami akan menyoroti ayat-ayat tentang teknologi untuk membantu memandu penggunaan teknologi dalam kehidupan & gereja Anda. Bacalah artikel di bawah ini!

Anda tidak bisa lepas dari teknologi.

Teknologi adalah bagian dari kehidupan Anda sehari-hari.

Maksudnya bukan dalam artian menakutkan seperti yang dipantau oleh Big Brother dari buku klasik George Orwell yang berjudul "1984". Namun, dalam artian bahwa teknologi memainkan peranan penting dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Mulai dari saat Anda bangun hingga tidur pada malam hari, Anda akan hidup di bawah payung teknologi. Mulai dari lampu di rumah Anda, ponsel pintar di dalam saku Anda, dan pakaian di punggung Anda, Anda menikmati manfaat dari teknologi.

Teknologi tidak hanya memainkan peranan penting dalam hidup Anda. Ia juga memiliki peranan di mana-mana dalam gereja Anda. Fasilitas ibadah Anda, perangkat lunak manajemen gereja yang Anda gunakan, aplikasi gereja Anda, dan platform persembahan online Anda adalah bukti manfaat teknologi yang Anda nikmati.

Karena teknologi sudah seperti udara yang kita hirup, beberapa orang berhenti sejenak dan bertanya:

Apakah teknologi punya kelemahan?

Apakah pengaruh media sosial (teknologi informasi) yang tengah berkembang itu buruk bagi Gereja?

Terlepas dari apakah Anda menganggap diri Anda seorang futuris atau membayangkan kehidupan yang tenang di padang rumput, ini adalah pertanyaan mendalam yang perlu Anda tanyakan.

Untuk mendapatkan jawaban yang tepat atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda harus mempelajari ayat-ayat Alkitab tentang teknologi untuk mendapat petunjuk dari Allah. Ada baiknya untuk mendengar apa yang orang lain katakan tentang topik ini. Akan tetapi, mengetahui apa yang Allah katakan tentang teknologi adalah jangkar yang akan membantu Anda mengarahkan penggunaannya dalam hidup Anda dan gereja Anda.

Untuk membantu Anda menemukan jalan Anda, dalam unggahan ini, kita akan berbicara tentang:

  • Apa itu teknologi?
  • Batasan teknologi
  • Contoh teknologi dalam Alkitab
  • Bagaimana gereja menggunakan teknologi
  • Sumber teknologi
  • Percayalah kepada Allah, bukan teknologi
  • Ayat-ayat Alkitab tentang teknologi

Siap untuk memulai?

Baiklah, mari kita menggali.

Apa itu teknologi?

Ketika berbicara tentang teknologi dalam Alkitab, ada pendapat-pendapat kuat untuk mendukung atau menentangnya.

Sering kali, ketika berbicara tentang teknologi, mudah untuk berbicara melampaui cakupan pemahaman seseorang karena Anda tidak benar-benar membicarakan hal yang sama dengan begitu banyaknya nuansa dalam percakapan. Jadi, untuk memastikan kita memulai dengan pijakan yang sama, izinkan saya memulai dengan mendefinisikan teknologi.

Menurut Merriam-Webster, teknologi adalah penemuan hal-hal yang berguna untuk memecahkan masalah. Terhadap definisi ini, saya juga menambahkan bahwa teknologi dapat mencakup penciptaan hal-hal yang membuat hidup lebih mudah.

Ini adalah definisi luas dari teknologi, dan dapat mencakup banyak aspek, seperti teknologi komunikasi (media sosial), perangkat lunak komputer, dan aerodinamika. Untuk melengkapi definisi ini, mari kita telusuri beberapa contoh.

Pertama, pikirkan kata-kata yang Anda baca dalam unggahan ini.

Tahukah Anda bahwa alfabet dianggap sebagai suatu bentuk teknologi komunikasi?

Coba pikirkan.

Ada suatu masa ketika alfabet bahasa Inggris belum ada. Jika bahasa Inggris adalah bahasa ibu Anda, berbicara dan membacanya mungkin terasa sealami udara yang Anda hirup. Akan tetapi, akar bahasa Inggris tertulis baru mulai terbentuk pada abad ke-5.

Seperti setiap bahasa tertulis lainnya, bahasa Inggris diciptakan untuk memecahkan masalah komunikasi antara kelompok orang tertentu.

Bagaimana dengan unggahan blog yang sedang Anda baca ini?

Saya menulis unggahan ini di komputer saya dan menerbitkannya melalui sesuatu yang disebut sistem manajemen konten (Inggris: content management system) sehingga Anda dapat membacanya di ponsel, tablet, atau komputer Anda. Untuk menghemat waktu dan kewarasan kita, saya tidak akan mencoba untuk menyampaikan banyak kemajuan teknologi yang perlu terjadi selama ratusan tahun untuk memberi saya kesempatan untuk menulis di komputer saya dan bagi Anda untuk membaca unggahan ini di perangkat pilihan Anda.

Untuk contoh-contoh tambahan, saya bisa melanjutkan. Namun, saya pikir Anda paham maksudnya. Jika tidak, begini saja:

Teknologi sederhananya adalah penerapan pengetahuan untuk menciptakan hal-hal yang berguna demi memecahkan masalah atau membuat hidup menjadi lebih mudah.

Jadi, entah baik atau buruk, ini berarti hampir tidak mungkin bagi Anda untuk menghindari pengaruh teknologi. Namun, jangan khawatir. Ini belum tentu hal yang buruk. Bahkan, Anda dapat membaca tentang banyak contoh teknologi dalam Alkitab.

Contoh teknologi dalam Alkitab

Allah tidak menolak teknologi.

Pertama-tama, Allah memilih untuk berkomunikasi dengan kita sedemikian rupa sehingga kita dapat mengerti apa yang Dia katakan. Dia tidak menjangkau kita dengan bentuk komunikasi mistis yang membutuhkan dekoder untuk memahaminya.

Allah memilih untuk menyatakan diri-Nya kepada kita melalui bahasa yang kita kembangkan, khususnya bahasa Ibrani, Aram, dan Yunani, yang merupakan tiga bahasa yang digunakan untuk menulis Alkitab.

Bukan hanya itu, dari kitab Kejadian hingga Wahyu, kita mengamati banyak penggunaan teknologi dalam kitab-kitab Perjanjian Lama dan Baru. Berikut ini hanya contoh dari apa yang kita lihat:

  • Kain membangun sebuah kota (Kej. 4:17)
  • Tubal-Kain membuat benda-benda dari perunggu dan besi (Kej. 4:22)
  • Nuh membangun bahtera (Kej. 6)
  • Orang-orang membangun Menara Babel (Kej. 11:1-9)
  • Raja Salomo membangun Bait Suci (1 Raja-raja 6)
  • Yesus menggunakan peralatan sebagai tukang kayu
  • Paulus menggunakan perkamen

Allah tidak bersifat saklek dalam hal menggunakan teknologi untuk mencapai tujuan-Nya. Dengan kata lain, Dia tidak sepenuhnya mendukung atau menentang teknologi. Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa Allah sepakat dengan bagaimanapun cara kita memutuskan untuk menggunakan teknologi. Dia memanggil kita untuk menggunakan teknologi demi kemuliaan-Nya dan kebaikan kita (1 Kor. 10:31), bukan untuk menghancurkan ciptaan atau umat-Nya.

Bagaimana gereja menggunakan teknologi

Dalam membagikan Injil, kita menemukan salah satu perintah berbaris yang paling menentukan bagi gereja dalam perkataan Paulus kepada jemaat di Korintus:

"Bagi orang yang lemah, aku menjadi lemah supaya aku dapat memenangkan mereka yang lemah. Aku sudah menjadi segala sesuatu bagi semua orang supaya dengan segala cara aku dapat menyelamatkan beberapa orang." (1Kor. 9:22, AYT)

Dengan mengikuti nasihat Paulus ini, gereja telah memanfaatkan kemajuan teknologi selama dua milenium terakhir untuk menjangkau orang-orang dengan Injil, termasuk:

  • Surat
  • Buku
  • Pengeras suara
  • Radio
  • Majalah
  • Televisi
  • Film
  • Satelit
  • Internet
  • Media sosial

Saya tahu betul bahwa ada banyak diskusi seputar pro dan kontra dari berbagai jenis teknologi komunikasi -- yang terutama pada masa kini, pengaruh media sosial. Terlepas dari apa yang Anda pikirkan tentang dampak media sosial, inilah yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan teknologi oleh Gereja sepanjang sejarah:

Gereja tidak dapat menjangkau sebanyak mungkin orang dengan Injil tanpa memanfaatkan teknologi.

Gereja tidak hanya mendapat manfaat dari teknologi informasi, tetapi Gereja juga mendapat manfaat dari bentuk-bentuk teknologi lainnya, termasuk:

  • Teknologi rekayasa, seperti: berbagai fasilitas ibadah, listrik
  • Teknologi medis, seperti: obat-obatan, peralatan medis
  • Perangkat lunak komputer, seperti: perangkat lunak manajemen gereja, persembahan mobile
  • Transportasi, seperti: mobil, van, bus

Hari ini, dari media sosial dan Internet, ada ledakan alat komunikasi inovatif baru yang dapat digunakan oleh gereja Anda untuk terhubung dengan orang-orang. Seberapa banyaknya waktu atau uang yang Anda curahkan untuk alat-alat ini akan bergantung pada bandwidth staf, sukarelawan, dan anggaran Anda. Namun, saat Anda menggunakan alat baru ini, ada dua batasan signifikan pada teknologi yang perlu Anda waspadai, yang membawa kita ke poin berikutnya.

Batasan teknologi

Ada banyak manfaat yang disediakan teknologi.

Selama bertahun-tahun, kita telah mengamati...

  • Penurunan angka kematian bayi
  • Peningkatan harapan hidup
  • Peningkatan akses terhadap air bersih
  • Akses pendidikan yang lebih besar
  • Peningkatan transportasi
  • Kemampuan untuk terhubung dengan siapa saja, di mana saja, kapan saja

Ada banyak masalah yang telah dipecahkan oleh teknologi, dan akan ada lebih banyak lagi masalah yang diselesaikan oleh teknologi pada masa depan. Namun, terlepas dari kemajuan yang kita buat dengan teknologi, ada dua masalah mencolok yang tidak dapat diselesaikan:

  • Kebutuhan akan Injil
  • Kebutuhan akan komunitas tatap muka

Kemajuan dalam alat komunikasi dapat membantu kita membagikan Injil, terhubung dengan lebih banyak orang, dan tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman kita. Akan tetapi, teknologi tidak dapat membagikan Injil untuk kita atau menggantikan kebutuhan akan hubungan pribadi. Untuk memuridkan, gereja membutuhkan kehadiran fisik. Pada intinya, gereja adalah kumpulan orang yang berkumpul bersama satu sama lain secara pribadi.

Bukan hanya itu, gereja lokal Anda diperlukan untuk menyelenggarakan sakramen, mengarahkan orang untuk hidup dan mengasihi seperti Yesus, dan membantu orang miskin, yang hanya dimungkinkan jika orang hadir secara fisik.

Saat Anda terhubung dengan orang-orang di media sosial, membuat podcast untuk khotbah Anda, atau menyiarkan khotbah Anda, perhatikan bagaimana Anda dan gereja Anda dapat memimpin orang untuk terhubung dengan Anda secara langsung, dan bagaimana Anda dapat secara fisik menjangkau orang-orang dalam komunitas Anda.

Dari mana datangnya teknologi?

Teknologi berasal dari Allah.

Begini penjelasannya:

Allah adalah Sang Pencipta.

Jadi, Dia menciptakan...

  • Alam semesta
  • Bumi
  • Segala sesuatu di bumi
  • Semua orang dalam citra-Nya

Karena Anda diciptakan menurut gambar Allah (Kej. 1:26-28), artinya, secara umum, Anda menyerupai Allah.

Coba pikirkan.

Apakah Anda menginginkan komunitas?

Apakah Anda memiliki rasa keadilan ketika ada sesuatu yang salah?

Apakah Anda memiliki naluri untuk menciptakan?

Naluri ini berasal dari Allah, dan itu diturunkan kepada Anda dari-Nya.

Diciptakan menurut citra Sang Pencipta berarti Anda dapat berkreasi, yang berarti Anda dapat memunculkan ide-ide baru dan membuat sesuatu. Mulai dari memanggang kue hingga mengembangkan perangkat lunak yang canggih, Anda memiliki kemampuan untuk mencipta.

Saat Anda bermimpi.

Saat Anda mengikuti sebuah visi.

Saat Anda menciptakan alat yang berguna untuk memecahkan masalah, Anda mencerminkan Allah dalam ciptaan Anda.

Ketika teknologi baru dikembangkan atau teknologi lama diperbaiki, kita dapat melacaknya kembali kepada Allah sebagai Pencipta dan Pemelihara segalanya.

Percayalah kepada Allah, bukan teknologi

Teknologi adalah campuran antara berkat dan kutukan.

Pada satu sisi, ia telah memecahkan banyak masalah di seluruh dunia, meringankan banyak penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup miliaran orang. Pada sisi lain, teknologi dapat digunakan untuk menimbulkan rasa sakit dan penderitaan, dan dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan.

Namun, intinya:

Teknologi harus ditebus bagi kemuliaan Allah, kebaikan Anda, dan kebaikan orang lain.

Teknologi tidak bisa begitu saja ditolak, dibenci, atau bahkan diterima dan digunakan tanpa berpikir. Terkait penggunaan teknologi Anda, Anda perlu melakukannya dengan bijaksana, dan dengan tangan terbuka mengetahui bahwa teknologi bukanlah solusi untuk setiap masalah, melainkan kendaraan untuk membagikan Injil dan berbuat baik bagi orang lain.

Ayat-ayat Alkitab tentang teknologi

Terakhir, sambil Anda merenungkan teknologi dalam Alkitab, apa yang Alkitab katakan tentang teknologi? Berikut adalah daftar ayat Alkitab tentang teknologi, contoh-contohnya, dan bagaimana Anda harus mempertimbangkan untuk berhubungan dengan teknologi. Pertimbangkan untuk merenungkan satu ayat Alkitab untuk teknologi ketika Anda sering menggunakan teknologi sebagai pengingat untuk mencabut kabel.

Catatan: Semua kutipan ayat Alkitab diambil dari versi Alkitab Yang Terbuka (AYT).

Kejadian 1:1:

Pada mulanya, Allah menciptakan langit dan bumi.

Kejadian 1:26-28:

Kemudian, Allah berfirman, "Sekarang, mari Kita membuat manusia dalam rupa Kita, menurut keserupaan Kita. Biarlah mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut, atas burung-burung di udara, atas ternak, atas seluruh bumi, dan atas segala yang melata yang merayap di bumi." Lalu, Allah menciptakan manusia menurut rupa-Nya. Menurut rupa Allah, Dia menciptakannya. Laki-laki dan perempuan, demikianlah Dia menciptakan mereka. Allah memberkati mereka dan Allah berfirman kepada mereka, "Beranakcuculah dan berlipatgandalah, dan penuhilah bumi, dan kuasailah itu. Berkuasalah atas ikan-ikan di laut, atas burung-burung di udara, dan atas segala yang hidup yang bergerak di bumi."

Keluaran 31:1-6:

Kemudian, TUHAN berfirman kepada Musa, firman-Nya, "Lihat, Aku telah memanggil nama Bezaleel, anak Uri, anak Hur, dari suku Yehuda, dan Aku telah memenuhinya dengan Roh Allah dalam hal hikmat, dan pengertian, dan pengetahuan, dan bermacam-macam keahlian untuk membuat berbagai rancangan dari emas, perak, dan perunggu,dan dalam hal mengasah permata untuk pahatannya, dan dalam hal mengukir kayu untuk mengerjakan bermacam-macam keahlian. Lihatlah, Aku juga telah menetapkan seseorang untuk menyertainya, yaitu Aholiab, anak Ahisamakh, dari suku Dan. Bahkan, Aku telah memberikan keahlian kepada semua pekerja lainnya supaya mereka dapat membuat segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.

Keluaran 35:31-32, 35:

"dan Dia memenuhinya dengan Roh Allah, dengan hikmat, dan dengan pengertian, dan dengan pengetahuan, dan dengan segala macam pekerjaan tangan, untuk membuat rancangan pengerjaan emas, dan perak, dan perunggu, Dia memenuhi mereka dengan keahlian untuk mengerjakan segala macam pekerjaan pemahat, perancang, dan pemintal kain biru, kain ungu, kain kirmizi, dan kain linen halus, dan penenun, yang melakukan setiap pekerjaan dan yang merancang segala sesuatunya."

2 Tawarikh 26:15:

Dia juga membuat alat-alat perang di Yerusalem yang diciptakan oleh para ahli, yang ditempatkan di atas menara-menara dan penjuru-penjuru untuk dapat menembakkan anak panah dan batu besar. Namanya terkenal sampai di tempat-tempat yang jauh karena dia ditolong secara menakjubkan sampai dia menjadi kuat.

Yeremia 10:12:

Dialah yang menjadikan bumi dengan kuasa-Nya, yang menegakkan dunia dengan hikmat-Nya, dan membentangkan langit dengan pengertian-Nya.

Daniel 12:4:

Akan tetapi, kamu, Daniel, sembunyikanlah firman itu dan meteraikanlah kitab itu sampai akhir zaman. Banyak orang akan pergi ke sana sini, dan pengetahuan akan bertambah banyak.

Mazmur. 8:3-6:

Ketika aku melihat langit-Mu, perbuatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang telah Kautempatkan, apakah manusia sehingga Engkau mengingatnya, dan anak manusia sehingga Engkau memperhatikannya? Namun, engkau telah menjadikannya sedikit lebih rendah dari Allah, dan memahkotainya dengan kemuliaan serta kehormatan. Engkau menetapkan mereka untuk memerintah atas perbuatan-perbuatan tangan-Mu. Engkau telah meletakkan segala sesuatu di bawah kakinya.

Mazmur 104:24:

Ya TUHAN, betapa banyaknya pekerjaan-Mu! Dalam hikmat, Engkau telah menjadikan semuanya; bumi penuh dengan milik-Mu.

Mazmur 139:14:

Aku hendak mengucap syukur kepada-mu karena aku dibuat dengan dahsyat dan ajaib; ajaib pekerjaan-pekerjaan-mu, dan jiwaku sungguh-sungguh mengetahuinya.

Mazmur 139:24:

Dan, lihatlah jika ada jalan yang mendukakan, dan pimpin aku pada jalan kekekalan.

Amsal 22:29:

Apakah kamu melihat seseorang yang mahir dalam pekerjaannya? Dia akan berdiri di hadapan raja-raja; dia tidak akan berdiri di hadapan orang-orang yang tidak dikenal.

Amsal 25:2:

Kemuliaan Allah ialah merahasiakan perkara, tetapi kemuliaan raja-raja ialah menyelidiki perkara.

Nehemia 9:6:

Engkau adalah Allah. Engkau menjadikan langit, langit di atas segala langit dengan seluruh bala tentaranya, bumi dengan semua yang ada di atasnya, laut dengan semua yang ada di dalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya, dan bala tentara langit sujud menyembah-Mu.

Yesaya 45:12:

Akulah yang menjadikan bumi dan menciptakan manusia di atasnya. Tangan-Kulah yang membentangkan langit dan Aku telah menetapkan semua penghuninya.

Yohanes 1:3:

Segala sesuatu diciptakan melalui Dia. Tanpa Dia, segala sesuatu yang sudah ada ini tidak mungkin bisa ada.

Roma 1:20:

Sejak penciptaan dunia, sifat-sifat Allah yang tidak dapat dilihat, yaitu kuasa-Nya yang kekal dan sifat keilahian-Nya, telah terlihat jelas untuk dipahami melalui hal-hal yang Dia ciptakan sehingga mereka tidak dapat berdalih.

Roma 12:6:

Kita memiliki anugerah yang berbeda-beda menurut anugerah yang diberikan kepada kita. Jika di dalam bernubuat, baiklah kita menggunakannya secara proporsional dengan iman kita.

1 Korintus 6:12:

Semua hal diperbolehkan bagiku tetapi tidak semuanya berguna. Memang, semua hal diperbolehkan bagiku, tetapi aku tidak mau diperhamba oleh apa pun.

1 Korintus 10:31:

Jadi, entah kamu makan atau minum, atau apa saja yang kamu lakukan, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

Kolose 1:15-20:

Ia adalah gambaran dari Allah yang tidak kelihatan, yang sulung atas semua ciptaan. Sebab, oleh Dia, segala sesuatu yang ada di surga dan di bumi diciptakan, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik takhta, kekuasaan, pemerintah, maupun penguasa. Segala sesuatu telah diciptakan melalui Dia dan untuk Dia. Ia sudah ada sebelum segala sesuatu, dan segala sesuatu ditopang bersama-sama dalam Dia. Ia adalah kepala dari tubuh, yaitu jemaat. Ia juga adalah yang awal, yang sulung dari antara orang mati supaya Ia menjadi yang utama dari segala sesuatu. Sebab, Allah berkenan agar seluruh kepenuhan-Nya tinggal dalam Dia. Melalui Dia, segala sesuatu didamaikan dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi maupun di surga, yaitu perdamaian melalui darah-Nya yang tercurah di atas kayu salib.

Kolose 3:23:

Apa saja yang kamu lakukan, lakukanlah dengan segenap hati seperti untuk Tuhan, dan bukan untuk manusia.

Efesus 2:10:

Kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Yesus Kristus untuk melakukan pekerjaan baik yang dipersiapkan Allah sebelumnya supaya kita bisa hidup di dalamnya.

Ibrani 1:10-12:

Dan lagi, -Engkau, Tuhan, pada mulanya Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu. Bumi dan langit akan lenyap, tetapi Engkau akan tetap ada. Bumi dan langit akan usang seperti pakaian. Seperti jubah Engkau akan melipatnya, dan seperti pakaian, mereka akan diganti. Akan tetapi, Engkau tidak akan berubah, dan tahun-tahun-Mu tidak akan pernah berakhir.

Ibrani 11:3:

Oleh iman, kita memahami bahwa alam semesta diciptakan oleh firman Allah. Jadi, apa yang kelihatan tidak dibuat dari apa yang kelihatan.

Wahyu 4:11:

Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima kemuliaan, hormat, dan kuasa karena Engkau telah menciptakan segala sesuatu dan karena kehendak-Mu semua itu ada dan diciptakan.

(t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Tithe.ly
Alamat situs : https://get.tithe.ly/blog/technology-in-the-bible
Judul asli artikel : 26 Bible Verses About Technology
Penulis artikel : Jesse Wisnewski